tertib dooong!!

Suka bingung sendiri gw ama orang yang hobiiiiii banget mencetin klakson dijalanan. Entah itu yang make mobil atopun motor. Mereka gak mikir apa ya, kalo orang disekitarnya sangat keganggu dengan polusi suara yang ditimbulkan. Bising banget! Padahal udah jelas-jelas ada rambu dan polisi yang tugasnya (harusnya) ngatur lalu lintas, jadi gak pentinglah klakson sana, klakson sini. Ato Jangan-jangan mereka ini pada gak paham aturan berlalu lintas kali ya?


Well, bagi pengendara yang gak ngerti dan gak tau fungsi tiang pancang yang letaknya dipinggir jalan deket tikungan, perempatan, pertigaan ato apapun itu dimana jalannya banyak jalur, gw bakalan jelasin satu-satu.
Jadi ya, tiang pancang yang ada tiga lampu warna-warni itu adalah salah satu alat dan tanda dari rambu-rambu lalu lintas. Tugasnya sebagai automatic control buat ngatur supaya tertib dalam berlalu lintas sehingga angka kecelakaan bisa diminimalkan. Tugas lainnya adalah agar (oknum) polisi gak capek dan punya alasan kuat buat nilang (baca: minta duit) lewat paratemer pelanggaran tiang pancang berlampu tadi. Jadi, kalo masih pengen umur panjang dan gak dimintai duit sama (oknum) polisi, ada rules yang harus dipatuhi. Ada aturan main yang harus ditaati.

CATET: Kalo lampunya berwarna merah,semua kendaraan HARUS (nya) STOP. Arti stop adalah berhenti. Artinya jangan maju, maksudnya DILARANG JALAN. Kalo masih niat maju jalan juga, siap-siap deh keluarga di rumah ngadain tahlilan.

Kalo warnanya kuning, itu sinyal buat siap-siap. SIAP-SIAP artinya BELUM (BOLEH) JALAN, nge-gas-nge-gas aja bolehlah. Tebar Pesona sama pengendara disamping juga gak dilarang (kesian banget, TP2 kok diperempatan, kayak gak ada Mall aja sih…!) Pokoknya kuning itu tanda buat siap-siap jalan.

Nah, kalo lampunya udah hijau, baru deh boleh pada jalan.

Jelas???

Ngerti???

Oke… kalo udah jelas, kalo udah ngerti, tolong ya kalo belum lampu hijau gak usahlah semua pada mencetin klakson nyuruh kendaraan yang didepan jalan. Emang yang didepan pada buta warna apa?? Emang kendaraan didepan punya sayap, jadi bisa langsung CUSSSSS terbang ke angkasa?? Emang kendaraan didepan gak kaget kalo diklaksonin mendadak?? Emang kendaraan depan gak keganggu dengerin klakson saut-sautan??

BRISIKKKKKKK TAU!!!!

Terus ya, kalo lagi macet nih… gak usah tat-tit-tat-tit nyuruh buruan kedepan. Menurut loh??? situ pikir gue Casper, jadinye bisa nembus segala benda. Oh puhleaseeeeeeee… Semua orang juga pada mau cepet nyampe. Semua orang juga pada gak mau ngantri-berenti-dan-lama-kejebak-diam-dijalanan. Semuanya juga pada mau buru-buru kaliiiiii…!!!

Tolong dong, gak cukup apa segala asap-emisi-debu yang bikin polusi udara. Masih kurang apa tereakan-tereakan karnet bus kota-metromini-tukang-ojek-tukang-rokok-tisu-gorengan-dan-tukang-tukang-yang-lain, jadinya harus nambahin bisingnya klakson sebagai pelengkap segala POLUSI jalanan???

Kok kampungan banget sih???

Emang situ baru beli motor ya??? Ato baru beli mobil??? Ato mungkin baru belajar nyetir??? Ato malah, SITU- ORANG- KAYA- BARU- YANG- MO- PAMER- HARTA- KALO- MOTORNYA- BAGUS MOBILNYA- GRESS- JADINYA- HOBI-MENCET- KLAKSON- SUPAYA-EVERYBODY- LOOK-AT-YOU???

NORAK!!!!

Terus buat para sopir angkot, metro mini, bus kota, tukang ojek dan kendaraan umum lainnya, denger ya Pak/Bu/Mas/Mbak: yang kalian bawa itu Manusia, bukan hewan, bukan juga barang. Mereka cuma punya satu nyawa. Nah, kalo hewan matek, bisa tinggal beli lagi. Kalo barang rusak, tinggal ganti aja ama yang baru. Tapi kalo manusia yang ko’it, gak ada gantinya lagi, nyongggg…

Jadi tolong dong, gak usah ugal-ugalan, sok-sok-an dan berasa jumawa sendiri di jalan raya. Jangan cuma setoran yang dipikiran, banyak nyawa yang bergantung sama kalian. Gak hanya penumpang, tapi juga pengguna jalan lain.

Kalo tertib dan disiplin kan semuanya jadi enak. Gak bising, gak ada yang ugal-ugalan, gak ada yang ngelanggar lampu merah, yakin deh gw, angka kecelekaan bisa diminimalisir, objekan (oknum) polisi bisa berkurang, dan yang pasti, bakalan bikin nyaman semua orang!

Oke-lah, capek ngomel. Sekian aja uneg-uneg yang dah bikin gw empet di hari ini! Yang mau tertib silakan tertib, yang masih mau ugal-ugalan-berasa-jalan-punya-sendiri, silakan juga. Yang penting gw udah puas karena dah ngomelin orang-orang suku purba yang gak ngerti berlalu-lintas. Salam tertib! 



0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Copyright © 2012 Miss.Prita .Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.